Pilih Bahasa
UNISA_Logo-02-removebg-preview
DAFTAR PMB
Unisa Bandung Menggelar Aneka Kegiatan Menyambut Milad Aisyiyah Ke 104

Universitas Aisyiyah (Unisa) Bandung bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah dan PW Aisyiyah Jabar serta Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) menggelar sejumlah kegiatan berkaitan dengan peringatan milad ke 104 Aisyiyah.

Rektor Unisa, Tia Setiawati, mengemukakan, pada tanggal 19 Mei 2021 dilaksanakannya Milad Aisyiyah ke 104 secara nasional dengan tema ‘Merekat Persatuan, Menebar Kebaikan di Masa Pandemi”. Di Kota Bandung, juga diselenggarakan acara sejenis. “Kami menggelar acara itu dengan program luring dan daring, dengan diikuti oleh anggota persyarikatan  Bandung,” kata Tia Setiawati dalam keterangan persnya, yang didampingi di ruang Rektorat Unisa, Jln. KH Ahmad Dahlan, Bandung, baru-baru ini.

Berkaitan dengan momentum peringatan secara nasional, Tia menjelaskan, saat peringatan milad tersebut,  banyak yang memberikan testimoni milad mulai dari pejabat menteri pada kabinet Pembangunan Kerja, gubernur serta pimpinan kampus , tokoh pendidikan,   pengurus persyarikatan Muhammadiyah dan Aisyiah. “Beberapa seminar melalui online atau webminar, juga diadakan di Kota Bandung dan diikuti oleh sivitas akademi Unisa Bandung,” ujar Tia.

Webinar “Keterbukaan Informasi”

Menyinggung tentang acara webminar, Susi Indriana, ketua pelaksana Milad Aisyiyah Jawa Barat menjelaskan, webinar sempat digelar berkaitan dengan milad Aisyiah ke 104 ini pada tanggal 19 Mei 2021. Temanya berhubungan dengan persoalan Kemanan dan Kehalalan Pangan. Selanjutnya, diadakan  Webinar Pendidikan bertema

"Strategi Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Lembaga Pendidikan Aisyiyah" pada 22 Mei 2021.

“Nah, sehari sebelumnya, yakni pada 21 Mei 2021, diadakan juga acara Silaturahmi Keluarga Besar Muhammadiyah Jabar, berkaitan dengan momentum milad Aisyiah. Rencananya, pada Senin, 31 Mei 2021 akan digelar lagi webinar bekerjasama dengan Aisyiah dan Komisi Informasi bertema tentang keterbukaan informasi di masa kini,” kata susi.

Utuk menyemarakan acara tersebut, Universitas Aisyiyah Bandung mengadakan acara Itikaf Inspirasi bekerjasama dengan Majelis  Pustaka Islam PWM dan Universitas Muhammadiyah Bandung dengan tema “Reaktualisasi tajdid di era Perubahan untuk Muhammadiyah Berkemajuan”.  Acara tersebut diadakan secara luring di kampus II Unisa Bandung yang dihadiri anggota persyarikatan dan pemateri nasional.

Berkaitan dengan perjalanan organisasi Aisyiah, Susi menuturkan, bahwa 104 tahun lalu, tepatnya pada 19 Mei 1917, ‘Aisyiyah didirikan di tengah konstruksi budaya yang tidak memuliakan perempuan. Narasi keagamaan tentang kesetaraan dalam beramal saleh menjadi landasan teologis gerakan ‘Aisyiyah yang membuka jalan bagi upaya-upaya pemajuan kehidupan perempuan. Nilai tentang kesetaraan beramal saleh tersebut sekaligus menunjukkan karakteristik wasathiyah dan Islam Berkemajuan gerakan ‘Aisyiyah yang meyakini bahwa Islam memuliakan

“Islam berkemajuan sebagaimana dipahami oleh Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, merupakan Islam yang mampu merespons problematika yang dihadapi pada setiap zamannya, sehingga kehadirannya memberikan rahmat bagi  alam semesta. Kini, eksistensi dan kiprah Aisyiyah serta Muhammadiyah tampak dirasakan urgen dan signifikan oleh masyarakat. Alhamdulillah, banyak karya nyata Muhammadiyah dan Aisyiah di berbagai pelosok daerah dan bahkan mancanegara, ”ujar Susi

Lomba Menulis Opini

Sementara itu, Resi Roswulan PN Kepala Humas menjelaskan, Unisa Bandung ikut serta pula hadir dalam peringatan Milad Aisyiyah ke 104 dengan memberikan kontribusinya antara lain mengadakan lomba menulis opini  bertema "Merekat Persatuan, Menebar Kebaikan di Masa Pandemi". Adapun Subtemanya yakni (1) Kampus Unisa dalam Perspektif Realitas Pendidikan di Masa Pandemi  : Ikhtiar Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Indonesia yang Diridhai Allah swt" ; (2) Model Kemitraan Antarlembaga Pendidikan di Muhammadiyah untuk Optimalisasi Terwujudnya Visi Misi Persyarikatan Muhammadiyah

“Sebagai rasa bangga UNISA Bandung dapat menjadi bagian ‘Aisyiyah, kami pun  menyemarakan momentum milad dengan memasang beberapa baligo yang mensosialisasikan  tema Milad Aisyiyah Milad Aisyiyah ke 104 yakni  ‘Merekat Persatuan, Menebar Kebaikan di Masa Pandemi’.  Baligo itu kami pasang di lokasi strategis di jalan raya. Selain itu, kami juga buat  konten publisitas yang menarik tentang Milad Aisyiyah di Sosial Media UNISA Bandung,” tutur Resi.