Pilih Bahasa
UNISA_Logo-02-removebg-preview
DAFTAR PMB
Dosen Unisa Bandung Berikan Edukasi Kesehatan Reproduksi Kepada Remaja di Bandung

(Pemberian Training Of Trainers Kesehatan Reproduksi Kepada Remaja di Kota Bandung oleh Dosen Unisa Bandung (21/05/2022 – 1/06/2022). Dokumentasi : Nurhayati)

(UNISA-BANDUNG.AC.ID) Melihat adanya berbagai permasalahan yang terjadi di Puskesmas Ibrahim Adji, salah satunya mengenai kesehatan reproduksi remaja Dosen Prodi S1 Kebidanan Unisa Bandung Nurhayati, S.ST., M.Kes.berinisiatif untuk memberikan PkM terhadap para kader posyandu remaja di UPT Puskesmas Ibrahim Adji, Demikian dikemukakan oleh Nurhayati saat di temui di Ruang Kerjanya.  Jum’at (16/09/2022)

“Permasalahan yang muncul di UPT Puskesmas Ibrahim Adjie adalah kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia), belum optimalnya kader dalam pelaksanaan posyandu remaja dan masih banyaknya permasalahan mengenai kesehatan reproduksi remaja, Sehingga perlu adanya peningkatan peran serta kader remaja dalam kegiatan posyandu remaja” Ungkap Nurhayati.

Nurhayati memberikan solusi untuk menangani permasalahan tersebut yaitu dengan training of trainers kepada para Remaja.

“Untuk menangani masalah tersebut, kami memberikan solusi dengan memberikan training of trainers untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan ketrampilan tentang kesehatan reproduksi Remaja holistik islami”

Kegiatan training of trainers tersebut berjalan hasil Kerjasama antara UNISA Bandung dengan UPT Puskesmas Ibrahim Adjie dan Kelurahan Kebon Gedang. Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 30 orang Remaja yang berada di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Ibrahim Adjie, Kota Bandung. Kegiatan dilaksanakan selama dua kali pertemuan yaitu pada Sabtu, (21/05/2022) dan Rabu (1/06/2022) yang bertempat di Madrasah Kelurahan Kebon Gedang dan TK Al- Ikhwan. Kegiatan PkM pertama adalah mengikuti kegiatan Posyandu Remaja yang sudah terjadwal dari UPT Puskesmas Ibrahim Adjie dengan memberikan Pelayanan Kesehatan Gratis yakni pemeriksaan HB, pemberian Tablet Fe dan memberikan penyuluhan pada remaja. Pertemuan kedua adalah memberikan pelatihan tentang Kesehatan Reproduksi Holistik Islami kepada para Remaja.  Pungkas Nurhayati (***)

Author : Ofa Sofiawati