Pilih Bahasa
UNISA_Logo-02-removebg-preview
DAFTAR PMB
Dosen Unisa Bandung Bagikan Tips Agar UMKM Mampu Survive di Era Digital

(BANDUNG, UNISA-BANDUNG.AC.ID) UMKM memiliki kontribusi besar dalam perekenomian di Indonesia. Saat ini, sudah bukan rahasia lagi bahwa persaingan bisnis di era digital sangat ketat. Peduli akan kondisi tersebut, Dosen Prodi Sarjana Perdagangan Internasional, Unisa Bandung Sarah Sentika, S.E., M.S.M berinisiatif untuk memberikan pembekalan kepada para pelaku UMKM di Bandung agar mampu bertahan di era digital.

 

“Peran UMKM sangat berkontribusi dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Wilayah Bandung memiliki jumlah UMKM terbanyak di Indonesia yaitu lebih dari satu juta UMKM. Hal itu membuat para pelaku UMKM harus mampu berinovasi secara kreatif untuk menarik konsumen.” Kata Sarah saat ditemui di Ruang Kerja, Kamis (06/10/2022)


Menurut Sarah, penerapan Total Quality Management khususnya dalam bidang sumber daya manusia menjadi sangat penting diera digital ini, karena TQM akan berkaitan dengan kualitas pelayanan yang berdampak pada kepuasan pelanggan. “Total Quality Management sendiri merupakan sistem manajemen  yang  mengangkat  kualitas  sebagai  strategi  usaha  dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh pelaku UMKM” Kata Sarah.


Sarah membagikan beberapa tips  pengembangan UMKM dari sisi pelaksanaan TQM  agar bisnis UMKM bisa bertahan di era digital. “Tips Pengembangan UMKM dari sisi Pelaksanaan TQM; 1) Penggiatan Tim 2) Umpan balik Kepada Steering Committee 3) Umpan balik dari pegawai 4) Memodifikasi Infrastruktur”. Paparnya. Sarah juga menekankan kepada para pelaku UMKM agar mampu berinovasi serta mampu memanfaatkan media sosial sebagai media promosi.


Hal tersebut ia sampaikan pada saat memberikan pembekalan kepada pelaku UMKM di Bandung yang diikuti oleh para Pengusaha Perempuan ‘Aisyiyah di Jawa Barat. Bertempat di Kampus II Unisa Bandung, Sabtu, (23/07/2022) lalu.


Suriaty, salah satu Pengusaha Perempuan ‘Aisyiyah di Jawa Barat berharap pembekalan UMKM tersebut dilaksanakan secara berkelanjutan agar para pelaku UMKM dapat terus berkembang. “kami berharap pembekalan UMKM Pengusaha Perempuan ‘Aisyiyah Jawa Barat ini dijadikan rutinitas, sehingga para pelaku UMKM dapat berkembang dan juga membuat inovasi-inovasi sesuai dengan perkembangan zaman” Ungkapnya.

 

Author : Ofa Sofiawati