Pilih Bahasa
UNISA_Logo-02-removebg-preview
DAFTAR PMB
Unisa Bandung dan UniSZa Malaysia Bergerak Bersama Tingkatkan Kualitas Pendidikan Internasional

 

(BANDUNG, UNISA-BANDUNG) Dalam upaya mendorong akselerasi kualitas pendidikan menuju standar internasional, Unisa Bandung terus gencar melakukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi lauar negeri.Kali ini, Unisa Bandung melakukan penjajakan kerjasama dengan Universitas Sultan Zainal Abidin (UniSZa) Malaysia, bertempat di Kampus 2 Unisa Bandung, Kamis (08/06/2023).

Kepala Bagian Kerjasama dan Kantor Urusan Internasional Unisa Bandung, Resi Roswulan, M.I.Kom mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas potensi kolaborasi di berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, ilmu ekonomi, teknik, kesehatan, dan pendidikan.

“Kedua universitas sepakat untuk saling memanfaatkan keunggulan masing-masing dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sehingga implementasi kerjasama tersebut bisa dilakukan untuk semua fakultas”tutur Resi.

TNC (HEPA) UniSZa Malaysia, Prof Madya TS Dr Moh Hafiz bin Yusuf mengatakan bahwa UniSZa merupakan universitas yang memiliki salah satu based pada bidang IT, Software, and Digital Visual. Kemudian UNISZA Malaysia memiliki program student England programmer, fotografi , animasi video game dan virtual reality.

Menanggapi hal tersebut Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Achyar Riyadh, M.Sn mengatakan bahwa UNISA Bandung juga memiliki kegiatan sertifikasi fotografi untuk sampai level 3, dan juga sudah melakukan berbagai pelatihan desain yang bekerja sama dengan pemerintah terkait.

“Dengan adanya kesamaan kegiatan diatas mungkin bisa dilakukan kerjasama antara UniSZa dan Unisa dengan kegiatan yang intensif berkelanjutan. Salah satunya bisa berkolaborasi pada kegiatan digital competion yang dilaksanakan di UniSza Malayasia yang nanti bisa diikuti oleh mahasiswa Unisa Bandung” Tutur Achyar.

Dekan Fakultas Ekonomi, Bisnis, dan Ilmu Sosial (FEBIS) Unisa Bandung , Rivaldi Arissaputra, S.E., M.S.M mengatakan bahwa prodi yang berada dibawah Fakultas Ekonomi Bisnis, dan Ilmu Sosial Unisa Bandung dengan Unisza Malaysia juga dapat melakukan kerjsama dalam bentuk join research.

“Program studi S1 Pariwisata Unisa Bandung bisa bekerjasama dengan Islamic Tourism UniSZA Malaysia, khusus join research sertfikasi halal antara kedua negara dan untuk program S1 Perdagangan Internasional kedepannya dengan UniSZa Malaysia bisa bekerjasama dengan Diploma Internasional Bisnis (trade) ataupun dengan S1 BBE marketing bussines internasional baik terkait join research, sharing lecture bersama”. Tutur Rivaldi

Sementara itu, untuk Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Unisa Resi mengatakan bahwa kerjasama yang bisa dilakukan meliputi kegiatan sharing lecture, global class room dan perbantuan penelitian dosen. (*)

Author : Ofa Sofiawati