Pilih Bahasa
UNISA_Logo-02-removebg-preview
DAFTAR PMB
Menginspirasi Masa Depan : Unisa Bandung Optimalkan Perguruan Tinggi di Era Digitalisasi 5.0

(BANDUNG, UNISA-BANDUNG.AC.ID) Unisa Bandung memberikan sorotan pada perubahan masa depan pendidikan dengan menggelar Seminar Nasional bertema "Optimalisasi Perguruan Tinggi di Era Digitalisasi 5.0". Acara ini menjadi bagian dari perayaan Milad Muhammadiyah yang ke-111 yang digelar oleh Unisa Bandung secara hybrid,  Kamis, (16/11/ 2023).

Rektor Unisa Bandung, Tia Setiawati, M.Kep., Ns., Sp, Kep. An, dalam sambutannya menggaris bawahi bahwa dunia pendidikan memiliki peran vital dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menghadapi era Society 5.0. “Pada era Society 5.0 diperlukan kecakapan hidup abad 21 dengan konsep 4C (Creativity, Critical Thinking, Communication, Collaboration)." Ungkap Tia, Kamis (16/11/2023)

Pada kesempatan ini, beliau juga menyampaikan bahwa konsep pembelajaran di perguruan tinggi turut mengalami transformasi signifikan. “Pendidik kini memiliki kebebasan untuk memilih berbagai model pembelajaran seperti discovery learning, project-based learning, problem-based learning, dan inquiry learning, dengan tujuan memacu peserta didik untuk membangun kreativitas dan berpikir kritis”Ungkap Tia.



Lebih lanjut, Tia mengatakan bahwa saat ini Unisa Bandung telah melakukan berbagai upaya dalam menghadapi paradigma tersebut.

“Perwujudan upaya tersebut diantaranya Unisa Bandung melakukan berbagai inovasi pengelolaan perguruan tinggi” Pungkasnya.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Prof. Dr. Ir. H. Wahyu Srigutomo, M. Si., dalam sambutannya  menyampaika bahwa kedepannya, perguruan tinggi di Indonesia maupun di dunia harus merevisi struktur dan arah pengembangan universitas. Perubahan cepat selalu harus diakomodir atau diwaspadai, terutama dalam era Society 5.0.

TEMPLATE WEBSITE UNISA (1)



Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilyah IV Jawa Barat dan Banten selaku narasumber,  Dr. M.Samsuri, S.Pd.,M.T.,IPU. menyoroti peran dunia pendidikan dalam Society 5.0, di mana aspek digital menjadi semakin kuat.

Beliau menekankan kekuatan dan proses penguasaan transformasi digital menjadi sangat penting.

Sementara itu, Ketua Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammdiyah selaku narasumber ke dua Prof. Dr. Bambang Setiaji, M.Si., menegaskan pentingnya mengikuti perkembangan teknologi di Society 5.0.

Prof. Bambang juga menyuarakan keinginannya agar Universitas Aisyah Bandung menjadi universitas digital yang unggul dengan membuka prodi-prodi yang sesuai dengan perkembangan teknologi.

Acara seminar ini dihadiri oleh para tokoh penting dilingkungan Muhammadiyah dan Aisyiyah Jawa Barat, Para Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah, Ketua Badan Pembina Harian Unisa Bandung, serta sivitas akademika Unisa Bandung. (*)