Pilih Bahasa
UNISA_Logo-02-removebg-preview
DAFTAR PMB
“Menyelami Suara Rakyat, Mahasiswa Unisa Bandung Kawal Pemilu 2024”

(BANDUNG, UNISA-BANDUNG.AC.ID) Universitas 'Aisyiyah Bandung turut berpartisipasi aktif dalam pemilu tahun 2024 dengan menerjukan 34 mahasiswa ke berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di wilayah Bandung Raya, Subang serta Purwakarta, untuk mengikuti kegiatan Exit Poll dan Quick Count Pemilu yang diselenggarakan oleh Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTMA) Rabu (14/02/2024).

PIC Kegiatan Exit Poll dan Quick Count Pemilu 2024 dari Unisa Bandung, Rusdan Kamil, S.Si mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah merespon munculnya common concern terkait dengan pemilu, yakni kekhawatiran dan kepedulian bersama untuk menghasilkan survei yang kredibel yang dapat dipercaya oleh publik.

"Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan pemantauan aktif terhadap Pemilu 2024, memberikan pembelajaran bagi mahasiswa, serta memotret perilaku pemilih baru saat mencoblos dan memprediksi hasil Pemilu dengan menggunakan data formulir C dari TPS." Ungkap Rusdan, Kamis (15/02/2024) Rusdan mengatakan bahwa sebelum terjun ke lapangan, mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut telah diberikan pelatihan dari tanggal 22 Januari - 12 Februari.

"Adapun tugas utama mereka dalam kegiatan ini adalah mewawancarai pemilih yang baru saja mencoblos dan mengdokumentasikan formulir c untuk kemudian data yang telah terkumpul akan dikirimkan ke database nasional Forum Rektor PTMA". Ungkapnya.

Marsya Rhani Revalina salah satu mahasiswa Unisa Bandung yang terlibat dalam kegiatan ini mengaku bahwa kegiatan exit poll dan quick count pemilu 2024 memberikan pengalaman berharga baginya.

"Kegiatan ini memberikan pengalaman berharga karena aku jadi lebih mengerti dan bisa ngerasain langsung vibesnya seperti apa pemilu di tps mulai dari pencoblosan sampai quick count dan ternyata peran warga terutama anak muda untuk andil dalam pemilu Indonesia itu gede banget. (*)