Pilih Bahasa
UNISA_Logo-02-removebg-preview
DAFTAR PMB
Ambil Langkah Kongkrit : Unisa Bandung Resmi Bentuk Tim Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual

(BANDUNG, UNISA-BANDUNG.AC.ID) Universitas 'Aisyiyah Bandung (UNISA) mengambil langkah konkret dalam memperkuat perlindungan terhadap kekerasan seksual di lingkungan kampus dengan melantik Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Pelantikan ini  dilakukan di aula kampus 2 UNISA Bandung oleh Pelaksana Harian (PlH) Rektor UNISA Bandung Dr. Sitti Syabariyah, S.Kp., MS.Biomed. pada Jumat, (01/03/2024).  

Ketua Satgas PPKS,  Yudi Sujudi, S.Sn., MM mengatakan bahwa tim satgas PPKS ini memiliki tanggung jawab yang jelas dalam menjalankan tugasnya. Dimana Mereka akan memberikan pemahaman kepada seluruh warga kampus tentang kekerasan seksual dan hak perlindungan korban, menerapkan kebijakan yang jelas terkait pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, serta menyediakan layanan konseling, medis, bantuan hukum, dan keamanan untuk korban.

"Tim PPKS juga akan memberikan pelatihan berkala kepada seluruh anggota komunitas kampus. Fokus utama mereka adalah pada pencegahan primer, dukungan komprehensif kepada korban, pendidikan komunitas, dan kerjasama eksternal dengan lembaga terkait" Terang Yudi, Sabtu (02/03/2024)

Yudi juga menyebutkan beberapa rencana program yang akan dilaksanakan oleh tim satgas PPKS diantaranya : penyuluhan, kampanye sosial, bimbingan teknis, studi banding, dan penyusunan pedoman PPKS.Selain itu, Yudi juga menjelaskan mengenai alur pelaporan jika terjadi kasus kekerasan seksual.

"Langkah-langkah nya yaitu dengan menghubungi Satgas PPKS melalui hotline yang tersedia baik WA, maupun email, kemudian lanjut ke proses penerimaan laporan dan penyelidikan, serta penyediaan layanan yang dibutuhkan korban". Terang Yudi.

Yudi mengatakan bahwa layanan PPKS tidak hanya untuk mahasiswa, tetapi juga untuk dosen, staf, dan seluruh warga kampus. Ia juga berharap dengan dilantiknya Satgas PPKS ini, UNISA Bandung semakin menjadi lingkungan yang aman dan mendukung bagi seluruh anggotanya.

Hal ini merupakan langkah penting dalam menciptakan lingkungan kampus yang bebas dari kekerasan seksual. Adapun Struktur dari Satgas PPKS ini terdiri dari dari Ketua, Sekretaris, Ketua Bidang Advokasi, Hukum, Preventif, serta Prevensi dan Intervensi. (*)