Pilih Bahasa
UNISA_Logo-02-removebg-preview
DAFTAR PMB
Mengukir Kreativitas: Unisa Bandung Sabet Pendanaan PKM Tahun 2024

(BANDUNG,UNISA-BANDUNG.AC.ID) Kabar menggembirakan datang dari Mahasiswa Unisa Bandung yang berhasil meraih pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjenristek), dibawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) tahun 2024.

Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen pembimbing PKM, Fatiah Handayani, S.ST., M.Keb terungkap bahwa mahasiswa Unisa Bandung berhasil memenangkan pendanaan ini berkat ide kreatif dan inovatif mereka.

“Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program yang bertujuan untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide-ide kreatif serta inovatif mahasiswa. Upaya yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada peningkatan prestasi mahasiswa serta prestasi Perguruan Tinggi.” Ungkapnya, Jumat, (03/05/2024).

Fatiah menuturkan bahwa kegiatan PKM yang lolos ini merupakan salah satu skema dari Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) di mana kegiatan utamanya adalah melakukan penelitian di masyarakat.

“Setidaknya ada empat jenis luaran kegiatan PKM-RSH yang meliputi laporan kemajuan, laporan akhir kegiatan, artikel ilmiah, dan akun media sosial”. Jelasnya. Dalam wawancara tersebut, Ia juga menjelaskan bahwa upaya yang dilakukan dalam mendukung mahasiswa mencakup berbagai tahapan.

“Upaya yang dilakukan oleh saya sebagai dosen pembimbing dari mulai dari memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan ide dan gagasan, mendiskusikan kebaruan serta kreativitas ide, hingga memberikan panduan intensif dalam penyusunan proposal PKM”. Ungkapnya.

Adapun Judul riset yang diambil yaitu Haruskah Berbeda? Perspektif Bidan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Ibu Hamil Remaja Ditinjau dari Kebijakan, Dukungan Sosial, dan Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil di Kota Bandung: Studi Eksplorasi

Tim Mahasiswa yang lolos pendanaan PKM ini terdiri Wulan Gunaristi (S1 Kebidanan), Salsabila Naufalia (S1 Kebidanan), Karmila Hasan (S1 Kebidanan), Elsanezha Meldira (S1 Kebidanan) Aulya Sahrany Zahra (S1 Kebidanan). (*)