Literasi Digital Cerdas Berkemajuan, Rektor Unisa Bandung : “Silaturahmi dalam dunia digital harus sesuai dengan etika islam berkemajuan”

today07 November 2021. Author : Humas

(Webinar Literasi Digital Cerdas berkemajuan, Sabtu (06/11) Sumber : Zoom meeting)

(UNISA-BANDUNG.AC.ID) Rektor Universitas ‘Aisyiyah Bandung, Tia Setiawati S.Kp., M.Kep.,Ns, Sp.Kep.,An menjadi pemateri dalam webinar Literasi digital yang diselenggarakan atas kerjasama Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah (LPPA) serta pimpinan Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Barat yang digelar secara daring pada hari Sabtu (06/11).

Dalam Webinar yang bertajuk “Literasi Digital Cerdas Berkemajuan” ini, Tia Setiawati memaparkan materi mengenai “Akhak Kharimah dan Silaturahmi di Ruang Digital”  Tia mengatakan bahwa dalam perspektif islam, kemajuan teknologi dapat memberikan kemudahan dalam menyampaikan pesan akan tetapi sebagai pengguna media digital yang bijak, hendaknya kita bertabayyun terlebih dahulu dalam menerima informasi.

Lebih lanjut, Tia juga memaparkan beberapa etika silaturahmi dalam dunia digital yang sesuai dengan etika islam berkemajuan.

“Silaturahmi dalam Dunia digital harus memiliki aturan dan etika diantaranya kita harus memperhatikan waktu pengiriman pesan, menggunakan bahasa yang benar seperti halnya berkomunikasi dalam dunia nyata, sadar akan keberadaan didunia maya tidak sendirian dan ada standar onlinenya sehingga harus ada pertimbangan terlebih dahulu sebelum menyampaikan informasi melalui media sosial agar informasi yang disampaikan bisa mendorong kearah positif” Ungkap Tia.

(Bunda Literasi Jawa Barat Atalia, Atalia Praratya, S.Ip., M.I.Kom, saat menjadi narasumber dalam Webinar Literasi Digital Cerdas Berkemajuan, Sabtu (06/11) Sumber : Zoom meeting)

Bunda Literasi Jawa Barat Atalia, Atalia Praratya, S.Ip., M.I.Kom, Ketua LPPA PPA, Prof. Dr. Alimatul Qibtiyah,S.Ag., M.Si.,M.A.,Ph.D, CEO Pahamfy, Syarif Rousyan turut menjadi narasumber dalam webinar ini. Selain itu, webinar juga diisi oleh beberapa pemateri  yang menyampaikan materi menarik mengenai literasi digital dengan sudut pandang yang berbeda beda diantaranya Noer Kamilah, M.Si membahas mengenai budaya digital, Dr. Witriani,M.Hum membahas mengenai digital safety yang mengarah pada sisi perempuan dan anak, serta Widyastuti, S.S., M.Hum yang membahas literasi digital dari sisi ekonomi.

Peserta webinar yang hadir merupakan Pimpinan Wilayah/Daerah/Cabang  ’Aisyiyah, Mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Bandung serta Santriwati ‘Aisyiyah Boarding School Bandung sebanyak kurang lebih 1000 orang. (***)

Author : Ofa Sofiawati