Tingkatkan Standar Mutu Pendidikan Tinggi, Unisa Bandung Laksanakan Audit Mutu Internal

today20 December 2021. Author : Humas

(Pembukaan kegiatan Audit Mutu internal Unisa Bandung yang digelar secara daring, Jumat (17/12). Sumber : zoom meeting)

(UNISA-BANDUNG.AC.ID) Dalam upaya meningkatkan standar mutu Pendidikan tinggi, Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Bandung melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) untuk pertama kalinya pasca perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas. Audit dilaksanakan selama lima hari yaitu dari tanggal 17-23 Desember 2021 yang bertempat di Kampus 1 Unisa Bandung. Pembukaan Audit dilaksanakan secara daring pada hari Jum'at, (17/12).

Ketua Badan Penjaminan Mutu Unisa Bandung, Popy Siti Aisyah,S.Kep.,Ners.,M.Kep mengatakan bahwa Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) selain bertujuan untuk meningkatkan standar pendidikan tinggi dan tetapi juga diharapkan Unisa Bandung mengidentifikasi segala resiko yang akan  terjadi sehingga bisa teratasi.

“Harapannya yaitu agar Universitas Aisyiyah Bandung ini dapat melampaui standar nasional Pendidikan Tinggi, sehingga resiko resiko yg akan diidentifikasi akan kita atasi melalui assessment ini”. Ungkap Popy saat menyampaikan laporan dalam Pembukaan kegiatan AMI secara daring, Jumat (17/12)

Popy juga menuturkan bahwa kegiatan Audit mutu internal ini merupakan bagian dari tahap pengendalian Standar Penjaminan MutuInternal (SPMI) yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Adapun fokus audit internal tahun ini adalah untuk menilai implementasi tata pamong setelah adanya perubahan bentuk dari Sekolah tinggi menjadi Universitas.
“AMI merupakan bagian dari tahap pengendalian SPMI yang memang kita tetapkan di Universitas ‘Aisyiyah Bandung setiap tahun bulan desember dan ini merupakan tahun pertama pelaksanaan AMI dI lingkup Universitas Aisyiyah Bandung”. Tutur Poppy.


(Pelaksanaan kegiatan Audit Mutu internal Unisa Bandung yang bertempat di Aula Kampus 1 Unisa Bandung, Jumat (17/12). Sumber : Auditee)

Tahun ini Unisa Bandung melakukan Audit untuk 36 Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan menugaskan 23 orang Auditor.

“Untuk tahun ini kita mengaudit 36 standar SPMI yang kita sebar di 3 Fakultas 7 Prodi, 2 Biro dan 2 Lembaga, 3 Pusat dan 2 UPT. Untuk Biro terdiri Admin Keuangan Dan Sdi, serta biro Akademik dan Kemahasiswaan.  Auditor yang ditugaskan dalam Audit Mutu Internal ada 23 auditor walaupun di Unisa telah tercetak 20 auditor untuk tahun ini 23 auditor yang ditugaskan”. Pungkas Popy.

Sementara itu, Rektor Universitas ‘Aisyiyah Bandung, Tia Setiawati,S.Kp.,M.Kep.,Ns.Sp.Kep.,An dalam sambutannya mengakatakan bahwa kegiatan Audit Mutu Internal merupakan suatu pendekatan untuk menilai Kinerja Rektor selama satu tahun periode.

“Sistem penjaminan mutu internal seseunggunhayna adalah suatu pendekatan untuk menilai kinerja rektor selama satu tahun periode, menilai kinerja rektor sebagai impleentasi rencana operasional yag ditetapkan awal tahun periode” Kata Tia. (***)

Author : Ofa Sofiawati